The Ultimate Guide To harta gono gini

Wiki Article

Membuat perjanjian perkawinan sangat penting untuk rasa keadilan, serta tidak akan merugikan kedua belah pihak. Perjanjian pisah harta sendiri turut diatur dalam UU Perkawinan tepatnya pada pasal 29.

Ketiga, harta milik bersama. Misalnya harta yang dihibahkan seseorang kepada suami istri, atau harta benda semisal rumah, tanah, atau lainnya yang dibeli dari uang mereka berdua, atau harta yang mereka peroleh setelah menikah dan suami serta istri sama-sama kerja yang menghasilkan pendapatan dan sebagainya. Yang ketiga inilah yang kemudian diistilahkan dengan harta gono-gini.

Mengenai besaran pembagiannya sendiri, biasanya akan dilakukan secara adil, yakni dengan membagi dua total harta bersama tersebut.

Dalam pembagian harta yang saling menguntungkan setelah adanya putusan cerai dari Pengadilan Agama, notaris memegang peranan penting.

Harta bersama adalah harta yang diperoleh suami dan istri selama masa perkawinan. Harta ini bisa berasal dari hasil kerja keras mereka berdua atau dari investasi yang mereka lakukan bersama.

more info Sehingga Anda harus melakukan kesepakatan dengan mantan pasangan terkait harta ini, apakah akan dijual, about kredit

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurus pembagian harta gono-gini perceraian. Hal ini dilakukan agar baik pihak suami atau pihak istri memperoleh pembagian yang adil terkait harta bersamanya setelah bercerai pembagian harta gono gini nanti. Simak berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengurus pembagian harta gono-gini tersebut. 

Jika dalam perjanjian perkawinan sudah menyatakan mengenai hal tersebut, maka Anda tidak bisa mengajukan gugatan harta gono gini. Bahkan hakim juga tidak memiliki kuasa untuk melakukan hal tersebut.

Temukan definisi istilah-istilah hukum secara gratis dan tepercaya dari peraturan perundang-undangan

Oleh karena itu, kami berpendapat penentuan apakah hutang dapat termasuk dalam ketegori harta gono gini atau tidak, maka hal ini tergantung penafsiran hakim yang memutus perkara/ gugatan harta gono gini tersebut.

Perlu disebutkan bahwa pedoman pembagian harta gono gono hanya berlaku jika tidak ada perjanjian perkawinan yang mengatur adat tersebut.

Temukan definisi istilah-istilah hukum secara gratis dan tepercaya dari peraturan perundang-undangan

Berbagai persoalan, seperti seringnya bertengkar, KDRT, hilangnya rasa kecocokan hingga perselingkuhan sering jadi sumber masalah keretakan kehidupan rumah tangga yang berujung perceraian.

Warisan tersebut dibagi rata antara saya dan kakak tiri perempuan saya. Sudah sesuai hukumkah cara pembagian tersebut? Ataukah keluarga kami sebenarnya tidak memiliki hak atas warisan tersebut?

Report this wiki page